Religi, Artikel

Bersyukur Salah Satu Di Antara Tujuan Tarbiyah Ramadhan Yang Lain

[webfathan] Di antara tujuan tarbiyah Ramadhan selain “la’allakum tattaqun” di ayat 183, Allah juga mengatakan “wa la’allakum tasykurun” di ayat 185.

Menjadi orang yang bersyukur adalah menjadi seseorang yang sadar bahwa di sekitar kita ini lautan nikmat Allah yang kita selami bersama-sama. Maka mensyukuri membuat segala sesuatu yang tampak biasa-biasa saja bagi mata yang tidak bersyukur menjadi lebih indah, menjadi lebih agung, menjadi lebih mulia.

Kalau kita minum segelas air putih, kita syukuri. Kita ingat dari mana dia berasal. Bagaimana dia naik ke langit. Bagaimana dia berarak sebagai awan. Bagaimana dia jatuh sebagai hujan. Bagaimana dia menyusup ke dalaman bumi. Bagaimana dia menyusuri berbagai macam lapisan tanah sampai muncul sebagai air yang kita minum. Betapa luar biasanya kita akan merasakan nikmat air itu.

Itu baru air. Belum berbagai macam nikmat lain yang dianugerahkan Allah. Mari menjadi hamba yang bersyukur seperti tarbiyah Ramadhan mengajarkan kita untuk menjadi hamba yang bersyukur.

by: @salimafillah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *